Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran Di Sekolah

Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran Di Sekolah

Contoh Tesis~ Implementasi Manajemen Berbsis Sekolah Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran  Di Sekolah Standar Nasional ( Studi Kasus Di Smp Islam Diponegoro Surakarta)

Teknologi Pendidikan

Latar Belakang Masalah

Perkembangan manusia dewasa ini terasa semakin cepat untuk mengimbangi dengan kemajuan ilmu dan tehnologi yang semakin pesat.  Salah satu faktor yang berpengaruh sangat besar terhadap kecepatan ini adalah tuntutan pembangunan nasional. Ada beberapa faktor yang memberikan pengaruh signifikan terhadap arah pembangunan nasional. Pengaruh yang menonjol adalah berasal dari penerapan ilmu dan tehnologi yang semakin canggih. Seirama dengan perkembangan itu, tidak hanya terjadi perbenturan dan pergeseran nilai-nilai yang dianut masyarakat, tetapi bahkan terjadi pula perubahan-perubahan nilai.

Pembangunan nasional di Indonesia diharapkan akan memberikan perubahan-perubahan nilai yang semakin baik, tanpa meninggalkan ciri khas masyarakat di masing-masing daerah. Hal  ini didukung oleh upaya pemerintah yang sedang menggalakkan otonomi daerah. Melalui otonomi daerah diharapkan setiap daerah mampu mengelola potensi yang ada di daerahnya,sehingga dapat mensejahterakan masyarakatnya. Potensi yang penting di suatu daerah adalah sumber daya manusia sebagai tulang punggung pembangunan daerah. Oleh karena itu, diperlukan upaya dari setiap daerah untuk mengembangkan sumber daya manusia yang berpotensi mendukung pembangunan daerahnya.

Perumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang masalah tersebut di atas,  maka dapat dirumuskan  masalah sebagai berikut :

  1. Bagaimanakah  proses  implementasi Manajemen Berbasis Sekolah  sebagai upaya peningkatan kualitas pembelajaran di Sekolah Standar Nasional ?
  2. Bagaimanakah  hasil  implementasi Manajemen Berbasis Sekolah dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di Sekolah Standar Nasional ?
  3. Bagaimanakah hambatan implementasi  Manajemen Berbasis Sekolah dalam meningkatkan kualitas pembalajaran di Sekolah Standar Nasional ?

Tujuan Penelitian

Berdasarkan masalah yang diteliti, maka tujuan penelitian ini adalah :

  1. Untuk mengetahui  proses implementasi Manajemen Berbasis Sekolah sebagai upaya peningkatan kualitas pembelajaran di Sekolah Standar Nasional.
  2. Untuk mengetahui  bagaimanakah hasil  implementasi Manajemen Berbasis Sekolah dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di Sekolah Standar Nasional.
  3. Untuk mengetahui  bagaimanakah  hambatan implementasi Manajemen Berbasis Sekolah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di Sekolah Standar Nasional

Kesimpulan

Berdasarkan  hasil penelitian di atas, dapat dijadikan pijakan untuk analisis masalah yang berkaitan dengan Implementasi MBS Sekolah Standar Nasional di SMP Islam Diponegoro Surakarta  maka dapat ditarik beberapa kesimpulan sebagai berikut:

  1. Bahwa proses  implementasi Manajemen Berbasis Sekolah di  SMP Islam Dipoenogoro sudah berjalan cukup baik, hal tercermin dengan adanya : (a). Dukungan seluruh staf, ( b) Pentahapan MBS, (c) Pelatihan staf, (d) dukungan anggaran, (e) Pendelegasian wewenang.
  2. Ditinjau dari segi  hasil  implementasi MBS di SMP Islam  Diponegoro Surakarta sebagai upaya peningkatan kualitas pembelajaran sudah berjalan cukup  efesien dan efektif, hal ini terlihat dari : (1) Tingginya prestasi akademik siswa, (2) Guru menguasai bahan dan onsep keilmuan, (3) Metode, pendekatan, gaya,  seni, dan prosedur mengajar yang tepat, (4) Pemanfaatan fasilitas secara efesien dan efektif, (5) Pemahaman guru tentang karakteristik kelompok dan perorangan siswa, (6) Penciptaan dialog kreatif dan lingkungan belajar yang menyenangkan , (7) Kepribadian guru ( keteladanan ).

Artikel Yang Terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *