Pendidikan Karakter Di Sekolah Luar Biasa

Pendidikan Karakter Di Sekolah Luar Biasa

Contoh Tesis~Pendidikan Karakter Di Sekolah Luar Biasa Bagian A Negeri  Denpasar-Bali

Pendidikan Karakter SLB

Latar Belakang

Mendiknas mengingatkan pentingnya pengembangan karakter kepribadian bangsa sebagai basis untuk mencapai sukses. Karena karakter kepribadian bangsa merupakan aspek penting dari kualitas SDM, karena kualitas karakter bangsa menentukan kemajuan suatu bangsa. Karakter yang berkualitas perlu dibentuk dan dibina sejak usia dini. Kesuksesan orang tua membimbing anaknya dalam mengatasi konflik kepribadian di usia dini sangat menentukan kesuksesan anak dalam kehidupan sosial di masa dewasanya kelak (Masnur, 2011: 35).

Komitmen nasional tentang perlunya pendidikan karakter, secara imperatif tertuang dalam Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 3. UU tersebut dinyatakan bahwa “Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab”. Jika dicermati sebagian besar  potensi peserta didik yang ingin dikembangkan sangat terkait erat dengan karakter.

Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka permasalahan penelitian ini dapat diidentifikasi sebagai berikut:

  1. Bagaimanakah implementasi pendidikan karakter pada di Sekolah Luar Biasa Bagian A Negeri Denpasar-Bali?
  2. Apakah kendala yang dihadapi guru  dalam implementasi pendidikan karakter  di Sekolah Luar Biasa Bagian A Negeri Denpasar- Bali ?
  3. Bagaimankah solusi yang dilakukan untuk mengatasi kendala implementasi pendidikan karakter di Sekolah Luar Biasa Bagian A Negeri Denpasar-Bali?

Tujuan Penelitian

Dari rumusan masalah di atas maka tujuan dari penelitian ini antara lain:

  1. Untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter di Sekolah Luar Biasa Bagian A Negeri Denpasar-Bali?
  2. Untuk mendeskripsikan kendala yang dihadapi guru  dalam implementasi pendidikan karakter  di Sekolah Luar Biasa Bagian A Negeri Denpasar- Bali ?
  3. Untuk mendeskripsikan solusi yang dilakukan untuk mengatasi kendala implementasi pendidikan karakter di Sekolah Luar Biasa Bagian A Negeri Denpasar-Bali.

Simpulan

Berdasarkan temuan  penelitian dikemukakan beberapa simpulan sebagai berikut:

Mata pelajaran di SLB/A Negeri Denpasar  – Bali yang menjadi inti dari proses implementasi dan integrasi pendidikan karakter di SLB/A Negeri Denpasar antara lain: mata pelajaran IPS, IPA, dan Kesenian, Penjaskes. Terdapat  banyak nilai-nilai karakter yang bisa diintegrasikan ke dalam mata ketiga mata pelajaran tersebut, contohnya nilai karakter religius, disiplin, kreatif, rasa ingin tahu, cinta tanah air, dan gemar membaca. Proses penanaman nilai-nilai pendidikan karakter tersebut dilakukan pada saat terjadinya proses pembelajaran.

Tahapan-tahapan Proses pembelajaran tersebut antara lain,  dari tahap perencanaan sampai tahap evaluasi.  Tapi jika ditinjau secara holistik implementasi pendidikan karakter tidak terintegrasi secara optimal. Dari perangkat pembelajarn masih menggunakan RPP dan Silabus non karakter. Sehingga analisis integrasi nilai-nilai karakter yanga diintegrasikan pada mata pelajaran IPS, IPA, Kesenian dan Penjaskes tidak jelas.  Dari segi format penilaian belum jelas sehigga belum ada acuan patokan penilaian yang dipakai guru untuk menentukkan apakah implementasi pendidikan karakter dapat diimplementasikan denga baik.

Artikel Yang Terkait:

Incoming search terms:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *