Penanggulangan Kemiskinan Berbasis Pemberdayaan Masyarakat

Penanggulangan Kemiskinan Berbasis Pemberdayaan Masyarakat

Contoh Tesis~Sinergi Kebijakan Penanggulangan Kemiskinan Berbasis Pemberdayaan Masyarakat  Di Kota Surakarta

Kegiatan Pemberdayaan Masyarakat

Latar Belakang Masalah

Sampai saat ini,  Pemerintah dan Pemerintah Daerah di Indonesia masih menghadapi permasalahan  kemiskinan  yang bersifat  multidimensional.  Kemiskinan menjadi  sebab dan akibat dari  lingkaran setan (vicious cyrcle)- rangkaian permasalahan pengangguran, rendahnya kualitas sumber daya manusia Indonesia, dan  rendahnya tingkat kesejahteraan masyarakat.  Kondisi tersebut digambarkan dengan masih tingginya jumlah  penduduk miskin dan  jumlah pengangguran terbuka,  serta masih rendahnya Indeks Pembangunan Manusia (Indonesia) Indonesia dibanding mayoritas negara-negara lain.

Kualitas  sumber daya manusia  ditandai oleh  indeks pembangunan manusia (IPM) atau  human development index  (HDI). Indeks pembangunan manusia  merupakan indikator komposit status kesehatan yang dilihat dari angka harapan hidup saat lahir, taraf pendidikan yang diukur dengan angka melek huruf  penduduk dewasa dan gabungan angka partisipasi kasar jenjang pendidikan dasar,  menengah, tinggi, serta taraf perekonomian penduduk yang diukur dengan pendapatan  domestik bruto (PDB) per kapita dengan paritas daya beli.

Perumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang di atas,  penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan dan menganalisa sinergi kebijakan penanggulangan kemiskinan berbasis pemberdayaan masyarakat di Kota Surakarta.  Secara terperinci, permasalahan yang ingin dijawab dalam penelitian ini yaitu :

  1. Bagaimana  kebijakan dan  kelembagaan  yang mendukung  sinergi dalam penanggulangan kemiskinan di Kota Surakarta ?
  2. Bagaimana  bentuk-bentuk sinergi  dalam  implementasi program-program penanggulangan kemiskinan berbasis pemberdayaan masyarakat yang dilaksanakan di tingkat kelurahan di Kota Surakarta?

Tujuan Penelitian

Penelitian ini bertujuan :

  1. Mendeskripsikan kebijakan  dan kelembagaan   yang mendukung    sinergi dalam penanggulangan kemiskinan di Kota Surakarta.
  2. Mendeskripsikan dan menganalis bentuk-bentuk sinergi  dalam implementasi  program-program  penanggulangan kemiskinan berbasis pemberdayaan masyarakat yang dilaksanakan di tingkat kelurahan di Kota Surakarta.

Kesimpulan

Penelitian  ini berupaya  mendeskripsikan dan menganalisis  sinergi  kebijakan penanggulangan kemiskinan berbasis pemberdayaan masyarakat di Kota Surakarta.  Fokus dalam penelitian ini adalah  mengemukakan kebijakan penangggulangan kemiskinan dari Pemerintah dan Pemerintah Kota Surakarta,  gambaran implementasi dan model  PNPM Mandiri  Perkotaan, Program KUBE, P2MBG,  Program Rehap RTLH dan Program DPK;  menganalisis  kebijakan  dan kelembagaan  yang mendukung sinergi dalam penanggulangan kemiskinan di Kota Surakarta, serta bentuk-bentuk sinergi  dalam  implementasi  PNPM Mandiri  Perkotaan, Program KUBE, P2MBG,  Program Rehap RTLH dan Program DPK.

Penelitian ini menghasilkan beberapa kesimpulan sebagai berikut :

  1. Dalam dokumen Strategi Nasional Penanggulangan Kemiskinan disebutkan perlunya dikembangkan  Jaringan kerja pelaksana penanggulangan kemiskinan dan kemitraan dalam penanggulangan kemiskinan. Untuk harmonisasi program-program pemberdayaan masyarakat, dalam implementasi PNPM Mandiri  dikembangkan  Sinergi antar pelaku (pemerintah pusat dan daerah, swasta, lembaga donor, organisasi masyarakat madani, kelompok masyarakat penerima), melalui :  sinergi kegiatan; sinergi kelompok penerima; sinergi kriteria, proses dan prosedur.   SK Walikota Surakarta Nomor 400.05/14-D/1/2009  tentang  pembentukan Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD)  Kota Surakarta untuk wadah koordinasi dan sinergi penanggulangan kemiskinan di Kota Surakarta.
  2. Kebijakan, kelembagaan dan strategi untuk mendukung sinergi program-program penanggulangan kemiskinan termasuk program-program berbasis pemberdayaan masyarakat, secara tegas dan terpadu sejak ditetapkannya Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah Kota Surakarta. Strategi dan model sinergi yang akan dikembangkan dalam implementasi penanggulangan kemiskinan melalui kolaborasi.

Incoming search terms:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *