Implementasi Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah

Implementasi Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah

Contoh Tesis~ Implementasi Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah (MPMBS) Pada SMA Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) Di Sma Negeri 1  Surakarta Tahun 2010

Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah

Latar Belakang Masalah 

Kehidupan pada abad ke-21 ini menuntut sumber daya manusia yang unggul yang dapat bertahan di dalam kehidupan yang penuh dengan persaingan. Upaya peningkatan SDM harus dilakukan melalui peningkatan kompetensi manusia Indonesia yang siap hidup di peradaban global. Ini Dalam dunia pendidikan diperlukan sekolah yang tidak hanya mengembangkan keunggulan lokal melalui tenaga-tenaga terdidik, tetapi juga perlu tersedianya satuan pendidikan yang mampu menghasilkan lulusan berstandar internasional.

Penurunan kualitas pendidikan yang melanda saat ini, menjadi bahan pemikiran lebih awal dalam mengkaji arah pendidikan yang terus berjalan, serta tidak kalah pentingnya bagaimana mengkaji persoalan tenaga kependidikan (guru) yang sampai saat ini masih terpinggirkan. Belum lagi ditambah permasalahan lain misalnya, masih kontroversialnya rencana kebijakan tentang pemberlakuan buku pelajaran selama lima tahun dari SD – SMA, peninjauan kembali pelaksanaan UAN dan rencana penghapusan seragam sekolah dan lain sebagainya.

Perumusan Masalah 

Berpijak pada latar belakang masalah dan batasan masalah, seperti tersebut di atas maka peneliti memberikan perumusan masalah sebagai berikut :

  1. Bagaimana implementasi MPMBS pada SMA RSBI di SMA Negeri 1 Surakarta ?
  2. Apakah hambatan–hambatan yang dihadapi SMA Negeri 1 Surakarta dalam implementasi MPMBS pada SMA RSBI ?
  3. Apakah upaya-upaya yang dilakukan SMA Negeri 1 Surakarta untuk mengatasi hambatan yang timbul dalam implementasi MPMBS pada SMA RSBI ?

Tujuan Penelitian

Sesuai dengan rumusan masalah di atas, maka tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:

  1. Untuk mengetahui implementasi MPMBS pada SMA RSBI di SMA Negeri 1 Surakarta
  2. Untuk mengetahui hambatan–hambatan yang dihadapi SMA Negeri 1 Surakarta dalam implementasi MPMBS pada SMA RSBI
  3. Untuk mengetahui upaya-upaya yang dilakukan SMA Negeri 1 Surakarta untuk mengatasi hambatan yang timbul dalam implementasi MPMBS pada SMA RSBI

Simpulan

Simpulan yang dapat dikemukakan berkenaan dengan implementasi MPMBS di SMA Negeri 1 Surakarta adalah sebagai berikut:

  1. SMA Negeri 1 Surakarta sebagai salah satu Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional sudah menerapkan 8 Standar Nasional pendidikan, yaitu : standar kelulusan minimal, standar isi, standar proses, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar penilaian, standar penilaian, standar pengelolaan, serta standar sarana dan prasarana. Selain itu, SMA N 1 Surakarta juga telah menerapkan satu komponen tambahan yakni kultur sekolah.
  2. Standar Kompetensi Lulusan yang diterapkan di SMA Negeri 1 Surakarta untuk saat ini hanya di ukur dari Standar Kompetensi Lulusan yang dibuat sekolah.
  3. Pengadopsian kurikulum  Cambridge belum dimaksimalkan dengan penguasaan bahasa inggris dan materi  pelajaran oleh guru dalam proses belajar mengajar.
  4. Adanya beberapa guru yang menyusun Silabus dan RPP dengan mengadopsi contoh yang sudah ada dari tahun sebelumnya.
  5. Input sekolah di SMA Negeri 1 Surakarta dalam menunjang MPMBS sudah cukup baik dengan seleksi penerimaan siswa baru yang cukup ketat dengan mensyaratkan nilai di atas rata-rata serta kondisi ekonomi yang cukup baik. SMA Negeri 1 Surakarta setiap awal tahun pelajaran senantiasa merumuskan visi, misi dan tujuan sekolah dan untuk selanjutnya mensosialisasikan kepada warga masyarakat.

Artikel Yang Terkait:

Incoming search terms:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *