Implementasi Kurikulum Khusus Autis Di SLB Autis Alamanda Surakarta

Implementasi Kurikulum Khusus Autis Di SLB Autis Alamanda Surakarta

Contoh Tesis~Implementasi Kurikulum Khusus Autis Di Sekolah Luar Biasa (SLB) Autis Alamanda Surakarta

Pendidikan Luar Biasa

Latar Belakang Penelitian

Melihat kenyataan bahwa pendidikan merupakan salah satu hal yang penting, maka setiap warga negara memiliki hak yang sama untuk mendapatkan  dan merasakan pendidikan. Seperti yang tertuang dalam UU RI nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 5 ayat 1 bahwa setiap warga negara mempunyai hak yang sama untuk memperoleh pendidikan yang bermutu. Hal ini menunjukkan bahwa pendidikan yang diselenggarakan tidak membedakan jenis kelamin, suku, ras, kedudukan sosial dan tingkat kemampuan Tidak terkecuali juga para penyandang cacat. Khusus bagi para penyandang cacat disebutkan pula dalam UU RI Nomor 20 tahun 2003 pasal 5 ayat 2 bahwa warga negara yang memiliki kelainan fisik, emosional, mental, intelektual, dan/atau sosial berhak memperoleh pendidikan khusus. Pendidikan khusus yang dimaksud adalah pendidikan luar biasa, dimana setiap kebutuhan khusus tersebut akan memperoleh pelayanan khusus yang sesuai dengan kemampuan, karakteristik , dan kebutuhannya.

Sekolah-sekolah khusus yang telah ada dalam memberikan pelayanan yang sesuai dengan kondisi anak antara lain sekolah khusus tunanetra untuk anak tunanetra (SLB A), sekolah khusus tunarungu wicara untuk anak tunarungu wicara (SLB B), sekolah khusus tunagrahita untuk anak tunagrahita (SLB C), sekolah khusus tunadaksa untuk anak tunadaksa (SLB D), sekolah khusus tunalaras untuk anak tunalaras (SLB E), sekolah khusus autis untuk anak autis, dan sekolah khusus untuk berbagai jenis kebutuhan khusus yang dapat dimasuki oleh berbagai jenis kebutuhan khusus (SLB).

Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang dan identifikasi masalah yang telah disampaikan di atas, maka perumusan masalahnya adalah sebagai berikut :

  1. Bagaimana pelaksanaan kurikulum khusus autis di SLB Autis Alamanda?
  2. Bagaimana hasil yang dicapai?
  3. Kendala apa yang ditemui dalam pelaksanaan kurikulum tersebut?

Tujuan Penelitian

Tujuan penelitian ini adalah :

  1. Untuk memperoleh gambaran pelaksanaan kurikulum khusus autis di SLB Autis Alamanda.
  2. Untuk mengidentifikasi hasil yang dicapai dari pelaksanaan kurikulum khusus autis di SLB Autis Alamanda.
  3. Untuk mengidentifikasi kendala yang ditemui dalam pelaksanaan kurikulum khusus autis di SLB Autis Alamanda.

Kesimpulan

Berdasarkan temuan penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan tentang implementasi kurikulum khusus autis di SLB Autis Alamanda, dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut :

  1. Sebelum diterima menjadi siswa SLB autis Alamanda, siswa terlebih dahulu akan menjalani proses assessment yaitu penilaian awal terhadap kemampuan siswa.
  2. Pemberian materi untuk setiap siswa berbeda-beda antara individu yang satu dengan yang lain yaitu dengan menerapkan pembuatan Program Pelaksanaan Individual (PPI).
  3. Pelaksanaan pembelajaran di SLB Autis Alamanda berlangsung dari Hari Senin sampai Jumat yang dibagi dalam dua kelompok kelas yaitu kelas individual dan kelas klasikal. Pemberian pembelajaran di kelas individual bersifat sangat individual dengan menerapkan pembelajaran  one-on-one yaitu satu siswa akan dihendle oleh satu guru. Sedangkan untuk kelas klasikal setiap kelas berisi 2-3 siswa dimana pemberian pembelajarannya dilakukan secara bersama-sama dengan memadukan kurkulum khusus autis yang mengacu pada perbaikan perilaku, komunikasi, sosialisasi dan interaksi anak dengan kurikulum SLB-C yang memperkenalkan siswa pada pembelajaran di sekolah regular, sebab kelas klasikal merupakan kelas transisi sebagai kelas persiapan untuk anak autis menuju sekolah regular.
  4. Pada Hari Sabtu siswa SLB Autis Alamanda diberi kegiatan ekstrakurikuler yang diisi dengan kegiatan menari, kegiatan olah raga, dan berbagai kegiatan permainan dan kompetisi sebagai ajang sosialisasi dan interaksi anak-anak autis di SLB Autis Alamanda.

Artikel Yang Terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *