Hubungan Kerja Patron Klien Juru Parkir

Hubungan Kerja Patron Klien Juru Parkir

Contoh Tesis~Hubungan Kerja Patron Klien Juru Parkir (Studi Deskriptif Kualitatif Mengenai Hubungan Kerja Patron Klien Juru Parkir di Taman Pancasila Kabupaten Karanganyar)

Juru Parkir

Latar Belakang

Persoalan pokok yang dialami oleh negara-negara berkembang pada umumnya adalah bagaimana meningkatkan taraf hidup penduduknya yang sebagian besar tergolong miskin. Salah satu alternatif untuk meningkatkan taraf hidup kelompok masyarakat yang miskin adalah dengan pemenuhan kebutuhan dasar mereka. Sedangkan pemenuhan kebutuhan dasar mereka hanya mungkin dicapai apabila ada dan tersedianya lapangan kerja yang dapat untuk menambah ataupun sebagai sumber utama bagi pendapatan mereka. Pekerjaan bagi manusia dewasa adalah persoalan yang paling mendasar dibanding dengan masalah-masalah lain, dan merupakan persoalan nyata yang paling dekat dengan kebutuhan masyarakat. Oleh karena itu pembangunan yang semata-mata memfokuskan diri pada masalah pertumbuhan dan pemerataan, sebenarnya kurang mengena bila hanya dilihat dari retorika politik (Ngadisah, 1987:1).

Dalam era globalisasi yang ditandai dengan pergerakan yang sangat dinamis menuntut manusia untuk bergerak cepat dan menyesuaikan diri dengan situasi dan kondisi yang ada. Tuntutan inilah yang nantinya mampu menjawab akan kesiapan dalam menghadapi pembangunan tersebut, karena tidak dipungkiri dari suatu pernyataan, bahwa semakin maju suatu pembangunan maka semakin banyak pula suatu permasalahan yang akan muncul dari efek pembangunan itu sendiri.

Rumusan Masalah

Sehubungan dengan pemaparan latar belakang di atas maka dapat ditarik rumusan masalah:

Bagaimana hubungan kerja patron klien juru parkir di Taman Pancasila Kabupaten Karanganyar?

Tujuan penelitian

Sesuai dengan latar belakang masalah dan perumusan masalah yang telah diuraikan di atas maka tujuan yang hendak dicapai peneliti dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:

  1. Untuk mengetahui bagaimana hubungan kerja patron klien juru parkir yang ada di Taman Pancasila Kabupaten Karanganyar.
  2. Untuk mengetahui masalah-masalah yang timbul dalam pelaksanaan hubungan kerja patron klien juru parkir di Taman Pancasila Kabupaten Karanganyar.

Kesimpulan

Berdasakan penelitian yang telah dilakukan dan analisis yang telah diuraikan pada bab sebelumnya, maka kesimpulan ini diuraikan sebagai berikut:

  1. Keseluruhan pola hubungan antar juru parkir di Taman Pancasila Kabupaten Karanganyar menunjukkan adanya hubungan kerja patron klien dalam kegiatan perparkiran. Hubungan kerja tersebut menempatkan kedudukan atau status ekonominya sebagai juragan dan anak buah. Hubungan kerja ini berlaku antara Koordinator Lapangan (patron) dengan Juru Parkir Resmi (klien), dan antara Juru parkir Resmi (patron) dengan Juru Parkir tidak Resmi (klien). Dalam hubungan kerja patron-klien juru parkir yang terjadi di Taman Pancasila Karanganyar  seorang juru parkir resmi juga dapat memposisikan dirinya menjadi patron, karena selain juru parkir resmi menjadi anak buah dari koordinator lapangan, mereka juga mempunyai anak buah yaitu juru parkir tidak resmi yang membantu juru parkir resmi dalam mengatur parkir di lapangan.
  2. Pola hubungan kerja yang terjadi antara patron dengan klien di Taman Pancasila Kabupaten Karanganyar merupakan pola hubungan timbal balik antara patron dengan kliennya. Bagi para klien, mereka bekerja untuk mendapatkan upah atau pembagian hasil parkir. Hasil parkir digunakan oleh klien dalam rangka untuk pemenuhan kebutuhan sehari-hari. Sedangkan bagi patron, merupakan sebuah keinginan untuk meningkatkan taraf hidup melalui pengembangan usaha yang dimiliki.
  3. 3.Hubungan kerja  patron-klien sebagai fakta sosial-kultural yang hanya didasarkan pada perjanjian informal. Tetapi, dalam praktiknya, tidak pernah ada garansi akan munculnya perubahan yang bersumber dari percampuran dengan kepentingan ekonomi dan politik. Melihat situasi tersebut, peluang terjadinya eksploitasi olehpatron terhadap kliennya menjadi sangat besar.

Artikel Yang Terkait:

Incoming search terms:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *